Selasa, 22 Desember 2009

Gigi Kuat dengan Makan Protein


Chicago, Fluoride dan kalsium adalah elemen yang membuat gigi kuat. Tapi peneliti berhasil mengidentifikasi zat selain fluoride dan kalsium untuk memperkuat gigi dengan banyak makan protein.

Zat itu adalah asam amino yang terdapat pada protein. Asam amino yang terdapat pada enamel gigi yang sehat dan kuat itu adalah proline yang membantu pertumbuhan kristal-kristal enamel pada gigi.

Studi ini diharapkan bisa menjadi petunjuk bagi para dokter gigi maupun pakar kesehatan mulut dan gigi yang ingin menghasilkan lapisan enamel yang kuat.

"Kami berharap suatu hari nanti penemuan ini bisa menolong orang yang ingin mengganti lapisan enamelnya yang sudah rusak dengan enamel yang lebih sehat dan kuat," ujar Tom Diekwisch dari University of Illnois Chicago College of Dentistry seperti dikutip dari Healthday, Rabu (23/12/2009).

Proline adalah asam amino yang luar biasa karena merupakan kunci untuk memahami struktur dan fungsi berbagai macam protein alami termasuk protein amyloid yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

Studi ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan gigi tapi juga untuk penyakit neurodegenerative atau penyakit saraf turunan.

"Meski tidak semua protein mengandung proline, tapi tidak ada salahnya memperbanyak konsumsi protein agar gigi tetap sehat dan kuat," kata Diekwisch. Studi ini dipublikasikan dalam Journal PLoS Biology.

Tidak ada komentar: