Rabu, 07 Juli 2010

Sering Lupa? Pejamkan Mata dan Mulailah Tidur


Istirahat selama delapan jam merupakan sebuah kebutuhan. Kebutuhan itu harus terpenuhi mengingat manfaat yang luar biasa dari tidur. Bahkan, hasil riset mengungkap, tidur selama delapan jam permudah seseorang melakukan permainan macam Teka-teki Silang (TTS).

Professor Dr Mark McDaniel, psikolog dari Washington University, St Louis, AS, mengatakan istirahat yang cukup memberikan manfaat yang besar bagi daya ingat seseorang. menurutnya, ketika seseorang terbangun dari tidur ia mendapatkan kesegaran daya ingat yang baik sehingga mendukung individu tersebut menjalankan aktivitas seharian.

"Kami temukan bahawa manfaat tidur berhubungan dengan otak dan temuan ini belum pernah ditunjukan sebelumnya," ujarnya seperti dikutip dari Telegraph, Ahad (4/7).

Sebelumnya, peneliti melibatkan 24 mahasiswa yang diminta untuk memainkan semacam permainan tebak kata dalam komputer. Oleh peneliti, mahasiswa diminta untuk memainkan game tersebut pada malam hari.Hasilnya, mahasiswa yang tidur ketika waktu persiapan dan menjalani tes memiliki kemampuan daya ingat yang sangat luar biasa.

Ihwal hal itu, peneliti meyakini adanya sebuah proses yang terjadi selama seseorang tidur. Prosers itu berupa komunikasi dua area antara hipocampus dan kortikal. Sebagai informasi, hipokampus adalah bagian dari otak besar yang terletak di lobus temporal.

Manusia memiliki dua hippocampus, yakni pada sisi kiri dan kanan. Hipokampus merupakan bagian dari sistem limbik dan berperan pada kegiatan mengingat (memori) dan navigasi ruangan. Sedangkan kortikal merupakan bagian dari otak besar yang berkaitan dengan fungsi motorik dan memori.

Sementara itu, Michael Scullin, Salah seorang peneliti pemula berpendapat ketika seseorang tidur, hipokampus mempelajari memori sebelumnya, terjadilah komunikasi dan kemudian menempatikan kembali pembahasan tadi dalam ruang yang lebih segar di otak.

"Secara Psikologis, efek dari tidur membantu meningkatkan kemampuan daya ingat seseorang," katanya.

Tidak ada komentar: