Rabu, 24 Maret 2010

Mandi yang Aman Buat Bayi

Jakarta, Tak semua ibu percaya diri untuk langsung memandikan bayinya. Karena beberapa ibu ada yang masih ragu-ragu dan takut untuk memandikan bayinya, meskipun sudah dibekali cara memandikan bayi sejak masih di rumah sakit.

Seperti dikutip dari Babycenter, Rabu (24/3/2010) ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu agar bisa memandikan bayinya dengan aman, yaitu:

1. Apapun tempat yang digunakan untuk memandikan bayi, orangtua jangan pernah meninggalkan bayi di bak mandi. Sebaiknya persiapkan semua kebutuhan bayi mulai dari handuk, peralatan mandi dan plastik untuk diapers yang kotor. Jika ada telpon atau bel dan mengharuskan orangtua untuk menjawab, angkat bayi dari bak dan selimuti dengan handuk.

2. Pastikan air yang digunakan untuk mandi pas suhunya atau hangat sekitar 30-32 derajat sehingga bayi merasa nyaman. Usahakan untuk menaruh air dingin terlebih dahulu baru ditambahkan air hangat.

3. Meletakkan bayi di bak mandi atau penyangganya, lalu basahi tubuhnya secara perlahan dan membersihkan mata, telinga, wajah dan lipatan tubuh dengan lap lembut.

4. Orangtua tidak perlu mencuci rambut bayi setiap hari, karena rambut bayi yang berusia beberapa minggu hanya menghasilkan sedikit minyak.

5. Gunakan sabun dan sampo yang khusus untuk bayi serta sesuai dengan usianya, sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan karena dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan sensitif.

6. Ajaklah bayi berbicara, bercanda atau bernyanyi selama mandi sehingga membuat bayi merasa tenang dan nyaman.

7. Untuk membilasnya, pegang bayi dengan menggunakan tangan kiri yang diselipkan di bagian bawah tengkuk dan pegang ketiaknya. Lalu tangan kanan mengambil air untuk diusapkan ke tubuh bayi dan membilas sabunnya. Lakukan hal yang sama dengan membalik bayi untuk membilas punggungnya.

8. Setelah tidak ada sabun yang tersisa, segera angkat bayi dan selimuti dengan handuk agar tidak kedinginan. Keringkan kepalanya lalu diikuti seluruh tubuh termasuk tangan dan kaki. Pastikan juga bahwa lipatan-lipatan tubuhnya sudah kering.

9. Mulailah memberinya minyak dibagian perut dan punggung sambil dipijat agar bayi merasa nyaman, setelah itu bisa diberi bedak dan memakaikan pakaiannya. Setelahnya bayi bisa dibedong dengan menggunakan selimut atau popok agar bayi merasa hangat.

10. Setelah semuanya selesai, bayi bisa digendong sambil dipeluk sehingga bayi benar-benar merasa nyaman dan tenang.

Tidak ada komentar: