Rabu, 09 Juni 2010

Obat Asam Urat Bisa Atasi Penyempitan Pembuluh Darah


Pasien angina bisa mengalami nyeri dada yang hebat jika tidak terobati. Kini mahalnya harga obat untuk angina tidak perlu jadi kendala, sebab ternyata obat asam urat bisa digunakan untuk penyakit tersebut.

Angina merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh arteri koroner. Akibatnya suplai darah oksigen ke jantung akan terhambat dan memicu nyeri hebat di dada saat berolahraga, bahkan bisa menyebabkan serangan jantung.

Dikutip dari Telegraph, Rabu (9/6/2010), peneliti dari University of Dundee menemukan bahwa allopurinol, salah satu obat asam urat paling tua dapat mengatasinya. Obat yang telah dikenal selama 40 tahun dapat mencegah kekurangan oksigen di jantung.

Untuk membuktikan kemanjurannya, peneliti mengujikan obat ini pada 65 pasien angina kronis. Secara acak, beberapa pasien diberi obat allopurinol sementara yang lainnya diberi plasebo.

Para pasien diminta untuk berolahraga ringan di atas treadmill, kemudian aktivitas jantungnya direkam melalui electro cardiography (ECG)). Lamanya waktu dicatat ketika jantung mulai kekurangan oksigen dan pasien mengalami nyeri di dada.

Ketika dibandingkan, pemberian allopurinol ternyata membuat pasien mampu berolahraga 25 persen lebih lama sebelum merasakan nyeri. Data ECG juga menunjukkan, kerja jantung menjadi lebih lama sebelum mulai kehabisan oksigen.

Peneliti menyarankan penelitian lebih lanjut dengan skala yang lebih besar, untuk memastikan kemungkinan allopurinol dapat diresepkan pada penderita angina. Jika perlu, termasuk kemungkinannya untuk dipakai dalam pencegahan serangan jantung di masa mendatang.

"Allopurinol sudah dipasarkan sejak 40 tahun yang lalu. Harganya murah, ditolerasnsi dengan baik oleh tubuh dan efek sampingnya sangat sedikit," ungkap Prof. Dr. Allan Struthers, pakar kardiovaskular dari University of Dundee.

Penelitian yang didanai oleh British Heart Foundation ini dipublikasikan dalam jurnal The Lancet edisi terbaru.

Tidak ada komentar: