Rabu, 10 Juni 2009

kebun kopi pakantan

Jika Anda adalah seorang penikmat kopi sejati maka tempat yang satu ini ada tempat yang harus Anda ketahui yaitu Kebun Kopi Pakantan. Kebun kopi Pakantan ini adalah sebuat kebun kopi yang dahulunya mampu menghasilkan kopi yang hasilnya bisa sampai ke benua Eropa. Di Pakantan ini dahulunya terdapat dua tempat yang menjadi basis penanaman kopi arabika yaitu Pakantan Lombang dan Pakantan Dolok.

Masa-masa kejayaan masyarakat Pakantan terjadi pada saat kedua wilayah yang masuk pada kawasan nusantara tersebut di kuasai oleh bangsa Belanda. Karena hasil panen kopi Arabika inilah banyak masyarakat Pakantan yang sanggup menyekolahkan anak-anaknya hingga ke tanah jawa dan banyak diantaranya menjadi orang yang terkenal disana. Sebut saja Adnan Buyung Nasution dan Diana Nasution. Selain itu banyak masyarakat Pakantan yang berangkat haji.

Baru pada tahun 1942 saat penjajah Jepang datang ke nusantara kedua tempat tersebut tak lagi mampu menjadi sumber yang melimpah ruah karena Jepang melarang para petani untuk mengekspor kopi ke Eropa. Demikian adalah penturan dari salah satu pewaris yang ada di Pakantan, Sahli Lubis.

Terlepas dari melimpahnya hasil panen kebun kopi Pakantan pada zama dulu, tempat ini juga ditaksir mampu menjadi obyek wisata tergolong sebagai ekowisata. Demikianlah hal yang diungkapkan oleh para pemerhati Industri Pariwisata pada tempat yang kawasan zona penyangga Taman Nasional Batang Gadis (TNBG). Salah satu obyek wisata yang dapat dinikmati adalah kebun kopi yang sudah tua dan dikelilingi oleh pemandangan yang indah.

Tidak ada komentar: