Rabu, 10 Juni 2009

siapa itu mandailing

orang kami berasal dari south-western sudut pulau sumatera. tanah air mereka disebut tano rura mandailing [ mendarat dan air mandailing. hari ini ini dikenal sebagai kabupaten dari mandailing-natal, atau jabatan wakil raja madina. motto jabatan wakil raja madina yang madani [sipil madina.

sosial kami dan penanda kebudayaan termasuk:
dalihan na tolu, mandailing struktur sosial
urup tulak-tulak, mandailing naskah
namora-natora, institusi mandailing penguasaan
patung keramat sangkalon, simbol keadilan
gordang sambilan ( sembilan drum besar)
arbit godang, selendang upacara tertentu
bindu matogu yang mewakili mandailing' falsafah hidup

diantara sifat mudah terlihat kami tradisi penguasaan penasihat dan masyarakat penganut paham persamaan memerintah oleh hukum adat (adat, sistem marga (marga dan tradisi berkenaan dengan silsilah (tarombo dan berkenaan dengan kesusastraan kuat kami dan tradisi penulisan sejarah. selama berabad-abad mandailing telah berpindah tempat sepanjang semenanjung dan kepulauan indonesia.

indonesia terkenal mandailing termasuk gentong adam malik batu bara marga), menteri asing bekas dan wapres; . hari nasution, pemimpin militer besar dan ahli sejarah; mochtar lubi, crusading jurnalis; batara lubi, artis dan tudong mulya lubi, hak azasi manusia advokat dan aktivis. malaysia terkenal mandailing termasuk ahli pendidikan nasionalis, aminuddin baki (lubi; hakim mahkamah agung menyamak sri hashim yeop sani (rangkuti; umum pengawas bekas polisi, gentong hanif omar (nasution dan bekas mentri besar dari selangor, dato harun idri (harahap.

barangkali mandailing' sumbangan terbesar ke damai di regional tingkat membantu akhir malaysian-indonesian konfrontasi. 'konfrontasi timbul sebagai hasil sukarno' perlawanan kepada pembentukan malaysia, yang mana indonesian' melihat sebagai british-inspired pemerintahan. dua mandailing - indonesia' menteri asing adam malik dan umum hari nasution berkomplot ke damai makelar antara kedua negara bertetangga.

keluarga adam malik dan hari nasution menyalami dari sama kampung di mandailing tanah air - hutapungkut. akan tetapi, adam malik sendiri lahir di chemor, perak di malaysia sebagai ibu dia siti salamah chemor wanita. (1 kapanpun dia mengunjungi malaysia, dia akan mengambil peluang mengunjungi chemor.

umum hari nasution' keponakan, mohd. zain mohd. salleh, juga putra chemor. pada ketika dari konfrantasi, hari umum di bala tentara indonesia dan keponakan dia ketua staf angkatan laut orang melayu. (2 umum hari nasution mempunyai dengan datar menolak pergi ke perang dengan malaysia sebagai dia mempersamakan ini sebagai berkelahi famili miliknya.

tentu saja, adam malik merasa tugas utama dia itu sebagai indonesia' menteri asing ke akhir konfrontasi. dia bahkan menantang sukarno melalui perkara. dia mencapai obyektif dia bila yang dua negara bertetangga menyetujui ke akhir konfrontasi. setelah perjanjian damai diisyaratkan di 1966, yang mula-mula adam malik melancong melawat ke malaysia dan kunjungi chemor meyakinkan famili dia. (3

kendati mereka dari sumbangan hebat mereka ke politik, masyarakat, musik, kepustakaan dan tekan baik dalam indonesia dan malaysia, mandailing melanjutkan untuk;menjadi secara cultural marginalized di indonesia dan malaysia. pelajar bekerja telah menggolongkan mereka bawah categorie angkola, batak dan melayu. di malaysia, politik rasial dan state-sponsored socio-economic teknik atas nama pembangunan kebangsaan, diundur oleh academia, telah mengakibatkan akulturasi mandailing ke melayu dominan kategori rasial. di indonesia, mandailing telah lumped ke dominan batak grup sejak era kolonial belanda. sebagai hasilnya, dasar manusia benar mandailing mengartikan mereka sendiri telah melupakan oleh paling malaysia dan cendekiawan indonesia yang telah menerima state' bercakap-cakap ethnicity. tentu saja,

di pembedaan binatang, kekuasaan, makan atau makan, di kerajaan manusia, definisikan atau menggambarkan. (thoma szasz

Tidak ada komentar: