Selasa, 09 Juni 2009

KOTA NOPAN & SINGENGU

kota penting di mandailing julu kotanopan. ini lokasi di poin dimana aek singengu dan aek singangir, mengalir dari berlawanan arah, bertemu disatu titik dan alirkan ke aek batang gadi. menurut mandailing cerita rakyat, si langkitang dan si baitang, putra namora pande bosi, pendiri lubi marga, menyediakan rumah tidak jauh dari disini, sebagai diarahkan oleh ayah mereka. mereka bernama tempat 'huta panopaan yang akhirnya menjadi mengetahui kotanopan. si langkitang kemudian pergi utara ke tempat memanggil singengu sementara saudara dia memindahkan selatan. keturunan mereka menjadi pemimpin di mandailing julu. bila masuk kekuatan belanda mandailing julu pada pertengahan 19th abad, mereka mendirikan benteng di singengu dan kotanopan, dengan pengatur belanda menempatkan kemudian terserah pekerjaan jepang.


singengu' baga godang

lama huta habitat (manambin, huta godang, dan lain-lain. ). kebanyakan dari habitat tradisional (huta atau banua lokasi jauh jalan peti utama yang memotong melalui mandailing hari ini. kaum tua huta oleh karena itu mengasingkan membandingkan kepada baru huta telah bertumbuh hampir jalan itu peti. di masa lalu, kaum tua huta menghubungkan oleh trotoar. jaringan ini trotoar dapat tetap melihat hari ini.


pemandangan dari manambin

manambin kampung ibu perkampungan didirikan oleh lubi marga. ini sangat kampung dataran tinggi berkenaan dengan pemandangan dengan tanaman hijau subur, aliran kesibukan dan ijok-roofed rumah. nasi, kopi dan kayu manis tertanam di ladang sekeliling.

huta godang, yang ditetapkan dalam limbah dramatis, salah satu [dari] paling kampung bersejarah di mandailing julu. ini kampung pemimpin gadombang, siapa memberantas belanda. ini punya salah satu [dari] sulung menyelamatkan nyawa sopo godang dan baga godang di mandailing, kencan dari 19th abad. ini juga kampung rumah pemimpin junjungan lubi, pertama gubernur dari utara sumatera setelah kemerdekaan indonesia, dan guru dr. z. pangaduan lubis.

Tidak ada komentar: