Senin, 13 Juli 2009

Narkoba



Jakarta, Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat mencatat pada tahun 2008 terdapat 3,6 juta orang Indonesia yang memakai narkoba dengan 1,355 juta adalah pelajar dan mahasiswa. DKI Jakarta dan DI Yogyakarta menjadi kota pengguna narkoba tertinggi di Indonesia. Penggunaan narkoba di Indonesia cenderung meningkat tiap tahunnya.�

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh UI dan BNN pada tahun 2008, DKI Jakarta menempati peringkat pertama dalam pengguna narkoba terbanyak dan Yogya menempati urutan kedua.

Data BNN tahun 2008 mencatat 41% dari mereka yang pertama kali mencoba narkoba adalah remaja usia 16-18 tahun, dan 40 orang meningggal setiap harinya di Indonesia karena narkoba.

Meskipun kepedulian masyarakat tehadap narkoba meningkat, namun pengguna narkoba juga meningkat. Pada tahun 2006 sebanyak 3,2 juta orang menggunakan narkoba dengan 1,1 juta adalah pelajar dan mahasiswa, sedangkan pada tahun 2008 meningkat menjadi 3,6 juta orang dengan 1,355 juta adalah pelajar dan mahasiswa.

"Tahun ini diterapkan strategi multiplikasi yang memfokuskan pada program kampanye baik kepada murid sekolah maupun lembaga atau institusi yang memiliki kepedulian yang sama, agar lebih banyak anak-anak dan lapisan masyarakat yang berpartisipasi menyampaikan pesan antinarkoba kepada teman-temannya," ujar dr. Iskandar Hukom, Sekretaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Senin (13/7/2009).

Dalam satu minggu anak lebih banyak bertemu dengan guru dibandingkan dengan orang tuanya, sehingga guru juga memegang peranan penting dalam kampanye anti narkoba terhadap remaja. Untuk itu dibutuhkan guru-guru konseling yang kompeten untuk menangani masalah-masalah remaja.

Biasanya remaja hanya coba-coba saja karena pengaruh pergaulan, tapi akibatnya remaja tersebut bisa menjadi kecanduan dan bisa menyebabkan terkena HIV-AIDS atau bahkan kematian.

"Untuk itu dibutuhkan kepedulian khusus dan komitmen pribadi terhadap diri sendiri dan masyarakat sekitar untuk menjauhkan diri dan lingkungan dari narkoba," ujar Safari wakil dari BNN.

Indonesia bersama beberapa negara di dunia ikut dalam deklarasi yang menyatakan bahwa 2015 dunia akan bebas dari narkoba.

"Bagi orang tua yang memiliki anak pengguna narkoba, sebaiknya diajak bicara dari hati ke hati apa alasan anak tersebut menggunakan narkoba, lalu dibawa ke ahlinya untuk berkonsultasi jika memang anak tersebut mempunyai komitmen yang kuat untuk keluar dari jerat narkoba, bisa dilakukan rehabilitasi di rumah ataupun di pusat rehabilitasi," ujar dr. Iskandar Hukom yang juga merupakan Kepala Bagian Terapi dan Rehabilitasi Badan Narkotika Provinsi DKI Jakarta.

Tips bagi orang tua agar anaknya tidak menggunakan narkoba dengan program 5 kenal yaitu:
1. Kenal narkoba dengan segala dinamikanya, baik jenis, bentuk dan penggunaannya.
2. Kenal diri dan pasangan sebagai orang tua.
3. Kenal anak, bagaimana anak kita bergaul dan bersosialisasi.
4. Kenal teman, seperti apa teman-teman dari anak kita.
5. Kenal lingkungan, seperti apa lingkungan pergaulan anak kita.

Narkoba menjadi titik awal pintu menuju HIV-AIDS, meskipun tidak semua pengguna narkoba adalah pengidap HIV-AIDS, tapi mereka sangat berpotensi untuk terkena HIV-AIDS melalui penggunaan jarum suntik yang tidak steril dan secara bergantian dengan teman-temannya.

Jadi, bagi pengguna narkoba sebaiknya tidak ditempatkan di penjara tapi di pusat rehabilitasi, agar mereka terbebas dari jerat narkoba. Dan dibentuk tim khusus untuk menentukan apakah mereka harus masuk penjara atau pusat rehabilitasi.

Rasululloh SAW. Menyuruh Bilal memberitahukan kepada orang banyak : ‘Tiada akan masuk ke dalam surga melainkan diri (jiwa) yang muslim. Dan Tuhan menguatkan agama ini dengan laki-laki durhaka” (HR. Bukhari No 1378)


Rasululloh SAW. Bersabda: “Kamu dapati juga orang yang amat baik dalam urusan ini (keagamaan) ialah orang yang sangat membencinya (HR. Bukhari N0 1520) * maksudnya sebelum mengetahui yang sebenarnya, dia amat benci, tetapi setelah diketahuinya, dia amat mencintai dan membelanya


“Belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk secara khusyuk mengingat Allah dan mematuhi kebenaran yang telah diwahyukan (kepada mereka), dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah diberi kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak di antara mereka menjadi orang-orang yang fasik”. (Al-Hadiid : 16)


Ketika kekacauan merajalela, kerusakan terjadi di mana-mana, Allah mengutus nabi untuk memperbaiki keadaan dan menyelamatkan orang-orang yang mau diselamatkan sebelum datang bencana besar. Sang nabi membawa program berupa cara-cara menuju keselamatan. Siapa yang mau selamat, maka ikutlah program. siapa yang tidak ingin selamat, maka tunggulah kebinasaan.

Nabi hanya bisa mengajak kepada keselamatan tanpa bisa memaksa umatnya untuk ikut program. bahkan seorang nabi tidak bisa memaksa keluarganya sendiri. contohnya nabi Nuh yang meskipun telah berusaha, tetapi anaknya tak mau ikut program keselamatan dan si anak pun tidak selamat.

Para nabi memurnikan kembali program-program keselamatan dari nabi-nabi sebelumnya yang telah banyak bid’ah dan penyesatan. kemudian program-program yang telah ada disusun dan disatukan untuk dijadikan program keselamatan yang lebih komprehensif karena semua perilaku buruk dari umat-umat nabi-nabi sebelumnya telah turun temurun dan berkembang dalam kehidupan umatnya.

24 nabi datang silih berganti. kekacauan yang lebih kompleks terjadi lagi. lalu diutuslah nabi Muhammad sebagai nabi terakhir. Program-program keselamatan dari 24 nabi terdahulu beliau susun dan disatukan untuk memperbaiki dan menyelamatkan umat beliau yang mana semua perilaku buruk umat nabi-nabi sebelumnya ada pada umat beliau. nama programnya adalah Islam (selamat).

Makna selamat itu sangat luas dan merupakan kebutuhan utama bagi seluruh manusia. kita semua ingin selamat di darat, laut, dan udara. kita ingin selamat dari penyakit jiwa dan raga, ingin selamat dari kekacauan, ingin selamat dari keterpurukan, ingin selamat dari kemiskinan, ingin selamat dari kejahatan, ingin selamat dari kebodohan, ingin selamat dari kehancuran hidup, ingin selamat di dunia dan di akhirat. sehatkah jiwa orang yang membenci keselamatan dan menghalang-halangi keselamatan orang lain?

Karena tidak akan ada lagi nabi yang diutus, maka nabi Muhammad bukan hanya mendidik dan mengharuskan umatnya agar menjadi peserta program. beliau juga mendidik dan mengharuskan umatnya untuk menjadi koordinator, penyusun program, dan penyebarluas program keselamatan yang beliau ajarkan (meneruskan tugas kenabian).

14 abad telah berlalu sejak nabi Muhammad wafat. sejak saat itu, banyak sekali program Islami yang disusun oleh jutaan umat nabi Muhammad di seluruh dunia.

Islam adalah untuk semua manusia, bukan hanya untuk orang Arab. Orang muslim adalah orang yang mengamalkan ajaran Islam dan jiwanya muslim, bukan setiap orang yang bersorban dan berjubah adalah orang Islam. Sorban dan jubah hanyalah fashion.

Barat bukan berarti kafir karena banyak orang barat yang pada hakikatnya hidup sesuai ajaran Islam. Apa yang kita sebut Negara muslim bukan berarti penduduknya adalah orang-orang muslim karena banyak juga yang hanya muslim dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan banyak yang pada hakikatnya kafir. Muslim yang saya maksud adalah Muslim menurut Allah dan rasul-Nya.

Jika ada kebaikan yang sesuai ajaran Islam di mana saja, dalam agama apa saja, atau pada siapa saja dan dalam bahasa apa saja, harus kita akui kebenarannya. Semua kebaikan adalah milik manusia -terlepas dari Agama, suku bangsa, bahasa, profesi, latar belakang dan sebagainya- sejak jaman nabi Adam hingga kiamat nanti yang berserakan di sana-sini dan tugas kita sekarang adalah pencarian ulang serta mengumpulkan kembali semua kebaikan di mana pun berada.

Saya Muhammad Yusuf. sebodoh dan seburuk apapun perilaku saya, saya termasuk umat nabi Muhammad yang juga berhak menjadi peserta, penyusun, dan penyebarluas program Islami. Program saya bernama Islam Therapy “Menjadikan Islam Sebagai Modalitas Terapi”.

Program Islam Therapy disusun dari berbagai program Islami (kebaikan) di seluruh dunia-mulai dari nabi Adam hingga program Islami masa kini-sekaligus sebagai penghubung antar program dengan mengingat bahwa Islam adalah program keselamatan universal;untuk segenap manusia.

Siapa pun Anda, apa pun agama Anda, dari bangsa mana pun Anda, selama Anda manusia dan memiliki sesuatu yang sesuai dengan ajaran Islam, baik berupa ungkapan, nasihat, ide, tulisan, biografi, website dan sebagainya, maka ijinkanlah saya untuk mengikutsertakannya dalam program Islam Therapy. Selain “selamat”, Islam juga bisa diartikan “kemenangan” dan “berserah diri”. Program Islam Therapy tahap pertama adalah untuk keselamatan, tahap kedua kemenangan atau kesuksesan, dan tahap terakhir berserah diri.

Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, dan Gangguan Jiwa sedang menjadi ancaman global. ratusan juta orang telah menjadi korban. Program Islam Therapy adalah program keselamatan yang saya ajukan untuk menyelamatkan kita semua dari ancaman-ancaman global tersebut. berdakwah melalui ilmu kesehatan, Entepreneurship, dan Iptek merupakan misi Program Islam Therapy. ketiga bidang inilah yang menjadi bidang-bidang terbesar yang dijadikan program-program Islami oleh umat nabi Muhammad. melalui ketiga bidang ini pula saya mengajak semuanya kembali kepada program keselamatan yang murni dari nabi Muhammad.

Program Islam Therapy adalah program yang sangat komprehensif. bahkan jauh hari sebelum seseorang dilahirkan dan jauh hari setelah seseorang meninggalkan dunia, telah dibuatkan program keselamatan. Islam Therapy adalah program yang mudah dilaksanakan oleh semua orang. tentunya semuanya kembali kepada diri masing-masing. apakah ingin selamat atau tidak?

Jauh hari sebelum seseorang dilahirkan Islam mengajarkan agar orang tua menikah secara sah. sebelum bersetubuh, Islam mengajarkan agar suami-istri memohon perlindungan Allah dari keikutsertaan setan dalam bersetubuh. jika kita tidak membaca do’a perlindungan, maka setan akan ikut bersetubuh dan memancarkan “spermanya” sehingga anak yang lahir adalah anak setan. di kemudian hari, karena si anak adalah anak setan, maka perilakunya sama dengan perilaku bapaknya. jadi pecandu narkoba, seks bebas, anti agama, keras hati, sombong, durhaka, suka melakukan kekerasan, pelaku kriminal, dsb. setan juga bisa merusak sperma dan DNA manusia sehingga anak yang akan lahir bisa mengalami cacat fisik atau mental. memang, sejak jauh hari sebelum seseorang dilahirkan, setan sudah menghancurkan hidup musuhnya hingga kita tak perlu aneh dengan banyaknya kasus-kasus penderitaan manusia, mulai dari yang cacat fisik dan mental, sistem kekebalan tubuhnya rusak, di penjara karena melakukan tindakan melanggar hukum, sampai mati karena keguguran.

Ada pun program setelah jauh hari seseorang meninggal dunia, kita yang masih hidup mendo’akannya. betapapun besarnya kejahatan yang dilakukan manusia, kita harus mendo’akannya karena walau bagaimanapun dia hanyalah korban dari permusuhan setan terhadap manusia yang sebetulnya permusuhan setan terhadap manusia hanya karena persoalan yang sepele.

Islam mengajarkan semua program-program untuk mengatasi HIV/AIDS mulai dari Preventif, Kuratif, hingga after care. Bagaimana tentang “orang-orang Islam” yang men-stigma ODHA? Stigma tidak diajarkan oleh Islam, stigma adalah ajaran Setan! Saya hanya mengakui dua ajaran. Ajaran Islam (di dalamnya ada semua agama dan kebaikan) dan ajaran Setan (di dalamnya ada semua keburukan). Artinya, jika bukan muslim berarti setanis. Tapi ada juga yang muslim-setanis dan setanis-muslim.

Saya tidak setuju dengan “orang-orang Islam” yang mengarahkan kaum muslimin agar memusuhi agama lain, Yahudi misalnya. Mereka bilang “Orang-orang Yahudi” membantai orang-orang Islam dengan biadab di Gaza padahal saya menganggap mereka bukan orang-orang Yahudi melainkan kaum setanis. Bahkan umat Yahudi sendiri mengutuk mereka dan tidak mengakui mereka sebagai umat Yahudi. Agama Yahudi adalah agama samawi, sama dengan Islam dan mustahil mengajarkan tindakan-tindakan pembantaian. Musuh kita adalah setan, bukan umat agama lain, BUKAN bangsa lain, bukan manusia lain ; jangan terkecoh oleh setanis yang mengadu domba kita !.

Kita menganggap bahwa kehancuran moral generasi muda Islam adalah program Kristen padahal para pastur dan pendeta sendiri kelabakan dengan kehancuran moral umat kristiani. Saya tekankan, kehancuran moral bangsa kita bukan program agama lain melainkan program setan dan setanis berbaju agama.

Islam adalah kasih sayang untuk seluruh alam. dunia yang ingin saya wujudkan adalah dunia yang penuh dengan kedamaian dan keselamatan; setidaknya untuk diri saya sendiri. Manusia, Jin, Binatang, dan Alam saling menyayangi. tak ada perang, tak ada ketakutan, tak ada kemiskinan, tak ada penindasan, tak ada permusuhan, tak ada bencana alam dan tak ada kesedihan. jika dunia yang ingin Anda wujudkan sama seperti dunia yang ingin saya wujudkan, lupakan kata mustahil terwujud. mari kita bekerjasama dan berjuang bersama-sama.

Program Islam Therapy adalah program internasional jangka panjang. Tentunya kerjasama dan dukungan multipihak sangat dibutuhkan. Melalui program Islam Therapy, mari kita tampilkan Islam sebagai kasih sayang kepada seluruh alam. Kebahagiaan, kesehatan, kemuliaan, kejayaan, dan kesuksesan umat manusia di dunia serta di akhirat hanya dalam pengamalan agama Islam secara total (kaffah).

Penting diketahui bahwa Islam Therapy adalah ajaran Islam yang saya pahami; bukan ajaran Islam adalah benar-benar seperti Islam Therapy. saya berlepas diri jika ada ketidaksesuaian dengan al-Qur’an dan al-Hadist dalam program Islam Therapy. saya tidak menganggap benar apa yang saya pahami tentang ajaran Islam. karena itu, yang benar adalah al-Qur’an dan al-Hadist, bukan ajaran Islam yang saya pahami. saya pun tidak mengajak Anda untuk mengikuti saya, tetapi ikutilah al-Qur’an dan al-Hadist.

Di masa kita sekarang, menurut saya, pelajaran dan petunjuk sudah sangat lengkap. kita telah mengetahui masalah yang menimpa nabi Adam berikut solusinya. kita telah diajarkan bagaimana para nabi mengatasi banyak sekali masalah yang mereka hadapi. kita telah mengetahui akibat buruk dari kedurhakaan kepada Alllah yang dicontohkan oleh milyaran orang-orang sebelum kita dengan segala kepribadian dan riwayat hidup mereka.

Kita telah mengetahui masa depan suatu umat nabi terdahulu yang melanggar petnjuk-petunjuk yang diajarkan oleh nabinya. kita mengetahui bagaimana penyelewengan-penyelewengan yang dilakukan kaum Yahudi dan kaum nasrani ribuan tahun yang lalu dan bagaimana kondisi kaum Yahudi dan nasrani saat ini- yang ternyata umat Islam mengkuti langkah mereka sehingga kondisi umat Islam sekarang sama seperti kondisi “saudara-saudaranya”. mungkin sudah saatnya mereka sadar bahwa mereka sama-sama sedang tersesat dan bekerjasama untuk kembali kepada Tuhan mereka karena Tuhan mereka sama.

kita sedang berada pada masa jahiliyah dan kita telah mengetahui bagaimana nabi Muhammad mengatasi kejahiliyahan. kita telah mengetahui bagaimana perjuangan nabi Muhammad dan para sahabatnya dari awal hingga akhir. kita telah mengetahui betapa damainya kehdupan pada masa orang-orang mengamalkan ajaran Islam dan kita kita tahu apa akibatnya ketika orang-orang semakin jauh meninggalkan ajaran-ajaran Islam.

Orang-orang Islam (orang-orang baik) terdahulu meninggalkan saling mengajak kepada kebaikan (dakwah) dan mulai kembali mengkonsumsi khamr dan sekarang ratusan juta orang di seluruh dunia telah menjadi korban narkoba sebagai akibat buruk pelanggaran terhadap larangan meminum khamr yang kita anggap sepele. Orang-orang terdahulu membuka kembali pintu-pintu perzinahan dan sekarang akibat buruk perzinahan menyengsarakan ratusan juta orang. Orang-orang terdahulu membuka kembali pintu-pintu setan dan sekarang banyak terjadi kasus kriminal dan gangguan jiwa, mulai dari pencurian, tawuran, skizofrenia, hingga pembunuhan (mutilasi).

Karena itulah langkah awal gerakan program Islam Therapy meniru langkah awal Rasulullah di masa jahiliyah. ada pun ajaran-ajaran Islam yang diturunkan pada saat para sahabat telah memliki keimanan yang kuat dan telah banyak yang memeluk Islam, akan kita jadikan program lanjutan dan akan kita laksanakan setelah kita memiliki iman yang kuat dan setelah banyak orang memeluk Islam.

Kita akan laksanakan Ajaran Islam dengan sebenar-benarnya dan akan kita gunakan ajaran Islam yang keras agar apa yang telah kita alami bersama tidak terulang karena kita telah bersusah payah memperbaiki segala kehancuran akibat melanggar aturan-aturan Islam.

Akhir kata, bagi yang masih ingin menzhalimi diri sendiri, teruslah menzhalimi diri sendiri sampai Anda lelah menzhalimi diri sendiri. dan bagi yang merasa lelah menzhalimi diri sendiri, bergabunglah dengan program Islam Therapy.

Informasi lebih lanjut tentang Program Islam Therapy, silahkan membaca dan mendownload gratis Ebook Islam Therapy, Program Komprehensif Internasional Untuk Menanggulangi Masalah Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, dan Gangguan Jiwa Berbasis Ajaran Islam (Edisi Satu Abad Kebangkitan Nasional) di : http://www.scribd.com/doc/7540330/EBOOK-ISLAM-THERAPY


Klik di sini>> bagi yang ingin membaca Ebook Konsep Dasar Islam Therapy

Untuk Mendownload Gratis Ebook Konsep Dasar Islam Therapy, Silahkan mengunjungi pakdenono.com (Folder ebook > Folder others)

Islam Therapy, Nge-mix kebaikan untuk memperbaiki


Menjadikan Masjid-masjid sebagai pusat belajar dan mengajar
(Program CBU Islam Therapy)

“Ingsun titip tajug lan fakir miskin..”
(Sunan Gunung Jati)

Dalam rangka memakmurkan masjid-masjid dan sosialisasi program Islam Therapy, kegiatan belajar dan mengajar (ta’lim wa ta’lum) harus kita budayakan lagi. Kita libatkan para remaja (Remaja Masjid) dalam kegiatan ini. Alangkah baiknya jika materi-materi ta’lim wa ta’lum kita seragamkan sehingga di seluruh masjid materi-materi ta’lim wa ta’lumnya sama.

Setelah sholat berjama’ah, kita luangkan waktu paling lama sepuluh menit. Ta’lim wa ta’lum setelah sholat berjamaah tidak boleh terlalu lama karena di antara hadirin mungkin ada –yang karena kesibukannya- tidak memiliki waktu selama itu. Materi-materi untuk ta’lim wa ta’lum dapat kita cari di buku-buku yang ada di perpustakaan masjid, di majalah-majalah, di internet, dan lain sebagainya.

Pakdenono.Com telah menyediakan DVD yang berisi semua materi yang ada di situsnya. Saya dikirimi DVD tersebut oleh Pak De Nono dan setelah saya lihat isinya, saya betul-betul kagum melihatnya. Terlebih, ketika saya melihat tulisan saran untuk mengcopy dan menyebarluaskannya, saya sadar bahwa saya telah memiliki suatu hasil kreativitas dari seorang muslim yang ikhlas.

Sesuai dengan konsep program Islam Therapy yang akan menjadikan karya dan kreatifitas umat Islam (orang-orang yang cinta kebaikan tanpa pamrih, siapa pun dia , dari bangsa mana saja, apa pun agamanya) yang sesuai dengan visi dan misi Islam Therapy sebagai bagian dari Program, Saya sangat berharap kepada seluruh kaum muslimin terutama yang mendukung Program Islam Therapy, memiliki DVD dari pakdenono.com untuk memudahkan Ta’lim Wa Ta’lum. DVD tersebut nyaris gratis! klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang DVD tersebut.

Hindari materi ta’lim wa ta’lum yang berisi khilafiyah, penghujatan kepada pemerintah, berbau politik, atau kebencian baik kepada orang lain, jemaah Islamiyah lain, bangsa lain maupun agama lain. Tentu saja ta’lim wa ta’lum setelah sholat berjamaah ini tak perlu kita laksanakan jika setelah sholat berjamaah ada ceramah atau kegiatan agama lainnya.

Petugas ta’lim wa ta’lum membacakan materi, sementara hadirin cukup mendengarkan dan memperhatikan jika ada ketidaksesuaian dengan alqur’an dan al-hadist pada materi yang sedang dibacakan. Usahakan setiap materi ta’lim wa ta’lum dibacakan oleh petugas yang berbeda. Dengan kata lain, kita bergiliran menjadi petugas ta’lim wa ta’lum dan setiap orang harus siap menjadi petugas ta’lim wa ta’lum di masjid mana saja.

Setelah mengucapkan salam dan membacakan tema ta’lim wa ta’lum serta sebelum membacakan materi, kita beritahu hadirin darimana kita dapatkan materi yang akan dibacakan dan karya siapa. Contoh :

”Jangan bersedih, kembalilah ke Agama..

Hadirin, saya akan membacakan nasihat DR. Aidh al-Qarni, saudara kita dari Arab Saudi untuk saudara-saudaranya yang ada di sini, dalam bukunya yang berjudul La Tahzan”

Selain kita ikutserta dalam turut menyebarluaskan dakwah DR. Aidh al-Qarni dan menumbuhkan semangat kaum muslimin untuk terus berkarya-karena karyanya akan dijadikan materi ta’lim wa ta’lum di masjid-masjid, kita pun secara tidak langsung mengajak hadirin untuk terus memperluas wawasan serta membudayakan ta’lim wa ta’lum di masjid dan di rumah. Sebelum menutup ta’lim wa ta’lum dengan do’a kifarat masjid, kita ajak para hadirin menyampaikan apa yang telah kita dengarkan bersama kepada anak istri kita, keluarga kita, teman-teman kita, dan saudara-saudara kita sesama umat Islam. Jangan lupa untuk menyisipkan pesan bahaya narkoba, HIV/AIDS, dan Gangguan jiwa setiap membacakan materi.

Dianjurkan kepada para cendekiawan yang tinggal di sekitar masjid, agar menyumbangkan karya tulisnya untuk dijadikan materi ta’lim wa ta’lum. Materi-materi yang terkumpul-apabila bukan berbentuk buku-dibundelkan dan diperbanyak untuk disebarluaskan ke masjid-masjid yang lain atau antar masjid saling bertukar bundelan materi ta’lim wa ta’lum. Juga bundelan materi ta’lim wa ta’lum tersebut dapat dibagikan ke rumah-rumah untuk dijadikan materi ta’lim wa ta’lum di rumah-rumah sebagai bagian dari program family therapy. Bantuan para dermawan sangat dibutuhkan untuk mendanai kegiatan ini.

Setelah sholat shubuh berjamaah, tema ta’lim wa ta’lum kita adalah, ”Kita tingkatkan iman dengan ilmu pengetahuan dan teknologi”. Tujuannya adalah agar kita semua mengawali hari-hari kita dengan iman. Kita jalani hari-hari kita dan kita bentengi diri kita dari segala problema kehidupan dengan iman. Dengan iman pula kita saling menjaga diri dari melakukan perbuatan dosa yang hanya akan merugikan diri kita, keluarga kita, dan lingkungan hidup kita.

Insight Magazine

Keajaiban Al-Qur’an

Keajaiban Desain Di Alam

Cita Rasa Seni Warna Ilahi

Penciptaan Alam Semesta

Keruntuhan Teori Evolusi

Rahasia Kekebalan Tubuh

Atlas Penciptaan

Kumpulan Artikel Karya Harun Yahya

Nonton Video Iptek Islami On-Line Gratis

Download Gratis Karya-karya Harun Yahya di Pakdenono.com!!!

iptekita.com

beritaiptek.com

Setelah sholat dzuhur berjamaah, tema ta’lim wa ta’lum kita adalah, ”Kobarkan semangat, kuatkan tekad, kita harus sukses!”. tujuannya adalah memotivasi dan mengobarkan kembali semangat para hadirin serta mengajak kita semua untuk meraih kesuksesan. Materinya dapat kita cari dalam ESQ, Quantum Ikhlas, buku-buku karya Aa Gym, www.andriwongso.com, buku berani gagal karya Billy P.S Lim, dll. Tentunya akan sangat menarik jika ada motivator atau trainer di antara hadirin. Kita bisa minta kesediaan beliau untuk mengobarkan semangat kita.

esqway165.com

quantumikhlas.com

motivasi-islami.com

andriewongso.com

pengusahamuslim.com

wirausaha.com

Setelah sholat ashar berjamaah, tema ta’lim wa ta’lum kita adalah, ”Jangan bersedih, kembalilah ke agama..”. tujuannya adalah meredam dan menghilangkan kesedihan dalam menjalani hari-hari kita dan solusi terbaiknya adalah kembali ke agama. Kita tenangkan jiwa-jiwa kita. Kita bacakan buku La Tahzan.

http://www.scribd.com/doc/2880327/La-Tahzan-Jangan-Bersedih-Aidh-alQarni

Setelah sholat maghrib berjamaah, tema ta’lim wa ta’lum kita adalah, ”Islam Therapy, menjadikan Islam Sebagai Modalitas Terapi”. Tujuannya adalah agar kita selalu menjaga kesehatan dan mencegah serta mengobati penyakit dengan bergaya hidup sehat melalui pengamalan ajaran Islam. Materinya dapat kita cari dalam Ebook Islam Therapy, terapi sholat tahajud, mukjizat gerakan sholat untuk pencegahan dan pengobatan penyakit, dll.

Terapi Sholat

Sholat Dan Otak Manusia

Sujud Dalam Sholat Cerdaskan Otak

Sholat Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Hikmah Di Balik Gerakan Sholat

Gerakan Sholat Mengandung Terapi Kesehatan

Sholat dan implikasi psikologi kesehatan

Manfaat Sholat bagi kesehatan

Gerakan Sholat dan Kesehatan di dalamnya

Sholat Tahajud dalam ilmu kedokteran

Sholat menurut medis alternatif

Penyembuhan kanker dengan sholat tahajjud


Terapi Wudhu

Akupunktur Wudhu

Manfaat Wudhu


Terapi Doa dan Dzikir

Teknologi Stimulasi otak manusia dengan do’a dan dzikir

Gelisah, adakah obatnya?

Makalah Mengatasi kegelisahan dalam kajian al-qur’an dan kesehatan


Terapi Puasa

Puasa dan Kesehatan jiwa

Puasa dan Kesehatan

Bukti ilmiah manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa memformat kesehatan tubuh


Terapi Olahraga

Senam otak penyegar pikiran

Suplemen, olah raga dan kesehatan


Thibbun nabawi. Ilahiyah, alamiyah, ilmiyah

Bekam

Bekam, Pengobatan cara Nabi

Bekam Sebagai Intervensi Keperawatan

Habbattusauda

Kandungan utama habbatussauda

Keajaiban Madu


Pijat, Akupunktur, dan lain-lain

Jagalah Kesehatan Otak Anda!

Pijat Kebugaran atau pencerahan

Melancarkan Peredaran darah

Pijat akupresur untuk penenangan

Mengapa Pijat sangat bermanfaat?

“Refleksi” Pijat multi manfaat

Akupunktur


Websites

islamicmedicine.org

islam-usa.com

pdpersi.co.id

lib.fkuii.org/index.php

ilmukedokteran.net

dokternasir.web.id

sadarnarkoba.com

infonarkoba.com

aidsindonesia.or.id

e-psikologi.com

medikaholistik.com

promosikesehatan.com

Setelah sholat isya berjamaah, tema ta’lim wa ta’lum kita adalah, ”Kejayaan, kebahagiaan, keselamatan, dan kesuksesan hidup kita di dunia dan di akhirat hanya dalam pengamalan ajaran Islam secara sempurna, seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah S.A.W”. Kita bacakan buku berjudul Petunjuk Sunnah dan adab-adab sehari-hari karya Ust. Andi Abdurahman (diterbitkan oleh Pustaka Nabawi, Cirebon). Di dalam buku tersebut ada lebih dari 75 bab tentang sunnah dan adab-adab sehari-hari mulai adab-adab thaharah, adab-adab makan dan minum, adab-adab pergaulan sesama muslim, hingga adab-adab seputar kematian (memandikan jenazah, menguburkan jenazah, dsb).

Ta’lim wa ta’lum setelah sholat isya berjamaah, dapat dilanjutkan dengan ta’lim wa ta’lum seperti :

Ba’da Isya malam senin : Ilmu al-Qur’an

Ba’da Isya malam selasa : Ilmu al-Hadist

Ba’da Isya malam rabu : bahasa Arab

Ba’da Isya malam kamis : sejarah

Ba’da Isya malam jum’at : mengingat mati dan alam akhirat

Ba’da Isya malam sabtu : bedah buku dan websites/blogs

Ba’da Isya malam minggu : Islam Therapy on The Screen, yaitu acara pemutaran film-film-film iptek Islami dengan alat bantu laptop dan in focus. (alangkah menariknya jika semua kegiatan ta’lim wa ta’lum ba’da Isya kedua menggunakan laptop dan in focus sebagai alat bantu)

Di negara kita banyak sarjana yang menganggur padahal mereka bisa kita berdayakan untuk mengajarkan ilmunya kepada para pemuda dan pemudi putus sekolah. Jadikanlah masjid-masjid sebagai tempat kuliah gratis di siang hari-daripada dikunci-dengan tetap menjaga adab-adab di masjid. Adakan berbagai fakultas seperti fakultas ilmu komputer, ilmu kesehatan, bahasa asing, entepreneurship, dan lain-lain. Dianjurkan di setiap masjid besar memiliki laptop dan in focus sebagai alat bantu kuliah. Mungkin lebih baik dana untuk membangun masjid-masjid baru yang terlalu megah digunakan untuk mendanai kegiatan ini.

Bagi yang belum mengerti bagaimana tertib dan cara melaksanakan Ta’lim wa Ta’lum di masjid dan di rumah, saya anjurkan untuk ikut program I’tikaf (Khuruj Fi Sabilillah) bersama Jema’ah Tabligh. saya juga menganjurkan kepada para peserta program Islam Therapy untuk menghapal dan mengamalkan Mudzakarah 6 Sifat Sahabat

Pertimbangkan untuk menjadikan suatu masjid sebagai tempat kuliah gratis khusus laki-laki atau khusus wanita. Ada ratusan masjid di suatu kota. Bisa saja satu masjid membuka satu fakultas sehingga calon mahasiswa atau mahasiswi dapat memilih untuk kuliah di masjid mana dan meneruskan studi ke masjid yang mana. Ciptakan pendidikan yang berkualitas dan lulusan-lulusan yang cerdas lahir-batin. Buatkan sertifikat untuk dijadikan modal mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang mendukung program ini. Saya yakin, masih banyak perusahaan yang mendambakan karyawan-karyawan yang berkualitas dan bermoral. Namun jika tidak ada perusahaan yang mau menerima anak-anak didik kita; kita mendidik para pelajar kita agar jadi para entepreneurs yang sukses dengan berwirausaha.

Ini hanyalah ide saya. silahkan dilaksanakan jika menurut Anda baik. jika tidak baik, silahkan diperbaiki. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam. (Muhammad Yusuf)

Free Download Ebook-ebook Islami karya Harun Yahya Dan lain-lain

http://www.pakdenono.com

http://www.ilma95.net

http://duniadownload.com

Tidak ada komentar: